hHardware
Hardware yang dalam Bahasa
Indonesianya "Perangkat Keras" adalah salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung
atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
contohnya Harddisk, VGA, RAM, Processor dll.
Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
a. Perangkat masukan (Input
device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa
teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya
keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
b. Perangkat keluaran (Output
device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan
data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
c. Perangkat pengolah data
(Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.
Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan
juga mikroprosesor.
2. Software
Apa itu Software? "Software itu
ya Program" atau "Software itu Windows, Microsoft Office, dll.".
Semua jawaban itu salah. Software adalah nama lain dari Perangkat Lunak yang
artinya sebuah kode program yang disusun sedemikian rupa secara sistematis
untuk mencapai suatu tujuan atau penjelasan secara singkat software adalah yang
sifatnya ditidak dapat diiraba hanya dapat berinteraki antar user dan program
komputer. Pada setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa
software interaksi antara brainware (penjelasan ada di bawah) dengan hardware
tidak memungkinkan adanya pembagian sumberdaya komputer secara tepat.
3. Brainware
Brainware adalah setiap orang yang
terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data.
Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun
software komputer.
Hardware, Software, dan Brainware di
atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada
gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk menciptakan
sebuah komputer yang berguna. Apabila ada 1 buah perangkat komputer
mempunyai hardware lengkap akan tetapi jika tidak ada softwarenya, maka
komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena Software tercipta
untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah
komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
Apabila Hardware dan Software
komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk
mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak
memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi,
Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk
mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan
dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.
Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer
Perangkat Keras
Komputer di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita
hanya akan membahas arsitektur pada umumnya, Secara garis besar arsitektur
computer dapat di bagi menjadi 4 yaitu :
1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem
computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb :
Primary storageControl unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama
sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan
operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage (penyimpanan
sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak
digunakan.
2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary
storage.
3. Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil
pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data yang diolah & program,...
4. Primary storage : tempat penyimpanan
Central Processing Unit, Disinilah
jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses
yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama
dalam CPU :
a. Processor : Menjalankan program.
b. Motherboard : Motherboard adalah
rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam
system harus melalui motherboard.
c. Video Graphics Adapter ( VGA ) :
Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan
ke monior.
d. Power Supply Unit ( PSU ) :
Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam computer. Serta
untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
e. Harddisk : Salah satu jenis memori
penyimpanan dalam computer.
f. Memory ( kecepatan ) : Semakin besar
kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.
Alat input dibagi ke dalam dua
golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung
memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa
terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input
langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device,
scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang
dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke
suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan
merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari:
keytocard, keytotape, keytodisk, dll.
a. Keyboard : Penciptaan keyboard
komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat
dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.
b. Mouse : dapat digerakan kemana saja
berdasarkan arah gerakan tangan kita.
c. Scanner : suatu alat elektronik yang
fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.
d. Monitor : disebut juga layar
computer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
e. Printer : digunakan untuk mencetak
data / informasi pada kertas
f. Speaker : berfungsi untuk
mengeluarkan informasi berupa suara
g. Processor : sebagai pusat pengolah
data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
h. Mainboard : sebagai kerangka mesin
computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya dipasang
i. Diskette Drive : disebut floppy
drive, yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi membaca dan
menulis data pada disket.
j. CD Drive : tempat memasukkan CD,
berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
k. Harddisk : adalah tempat penyimpanan
data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer dan jarang di
pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
l. Memory (RAM) tempat penyimpanan data
sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu memori yang bias
diakses secara acak oleh processor.
m. VGA – Card : komponen yang berfungsi menampilkan
gambar / tampilan pada monitor. (Video Graphics Array)
n. Sound Card : komponen yang berfungsi
mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker
o. LAN Card : komponen yang akan
menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada computer,
dan dipasang jika diperlukan saja.
p. Modem :
komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau untuk mengirim
data melalui jaringan telepon.
q. Stabilizer : menstabilkan arus
listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak terlalu
naik – turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan data.
r. UPS : untuk mencegah komputer mati
ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu listrik padam, UPS otomatis menyediakan daya
listrik untuk computer.
Output yang dihasilkan dari pemroses
dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol
khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain
yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat
berupa :
a. Hard-copy device yaitu alat
yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas
atau film.
b. Soft-copy device yaitu alat
yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik. Contoh :>> Printer : Output device yang berfungsi
mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll ) >> Monitor : Output
device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU. >> Projector : Sama
halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya
adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor. >>
Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.
Primary storage
a. Pita Magnetik (Magnetic Tapes)
b. Floppy disk (diskette),
c. Zip Drive
d. Flash Disk
e. Hard Disk
f. Disk Optik (Optical Disk)
Komponen - Komponen Perangkat
Lunak Pada Komputer
Program Aplikasi (Software Application)
Program
aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan
pekerjaan penggunanya. Program
aplikasi dapat dibedakan menjadi :
a. Word Processing
Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan
untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003,
Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b. Desktop Publishing
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur
tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan
Page Maker.
c. Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah
angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah
Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d. Database Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data,
dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database.
Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
e. Graphics
Dengan program ini kita dapat mengolah data berupa
graphic seperti menggambar, meberi warna, membuat animasi, mengedit foto, dan
lain-lain.
Pengertian
Hardware, Software dan Brainware pada Manusia
Manusia =
Hardware+Software+brainware
1. Hardware manusia, seluruh anggota tubuh yang diberikan
Allah dengan sangat sempurna.
2. Software manusia, seluruh tindakan dan pemikiran
aplikasi dari otak manusia.
3. Brainware manusia, otak yang diberkahi Allah dengan
segala kelebihannya yang sangat luarbiasa.
Seluruhnya
akan terproses apabila terjadi yang namanya:
1. Learn: memasukan semua informasi apapun itu.
2. Un learn: menghapus data informasi yang tidak falid.
3. Re learn: meng-upgrade/ memperbaharui selalu data yang
ada, dengan cara apa? Tentunya dengan selalu banyak membaca, karena dengan
membaca kita akan lebih banyak mengetahui dan wawasan kitapun akan luas.
0 komentar:
Posting Komentar